Hati-hati, Terdapat Zat Berbahaya Pada Sabun Anti Bakteri

Sepertinya, Anda harus kembali memeriksa sabun yang saat ini Anda pakai.

Meskipun saat ini anda selalu memakai sabun anti-kuman, tetapi bukan berarti Anda dan keluarga bisa terbebas dari yang namanya kuman.

Cobalah untuk memeriksan kandungan apa saja yang terkandung dalam sabun tersebut.

Kenapa harus demikian? Hal ini tidak lain karena salah satu kandungan yang sering dipakai untuk pembuatan sabun anti kuman justru di anggap berbahaya untuk kesehatan.

Jadi pastikan anda menghindari sabun yang memiliki kandungan tersebut.

Zat triclosan saat ini merupakan bahan yang dilarang penggunaannya di provinsi Minneost Amerikat Serikat. Gubernur May Dayton telah menyatakan untuk menghentikan pemakaian zat triclosan.

Larangan pemakaian zat berbahaya tersebut berlaku sampai dengan tahun 2017. Lalu apa itu zat triclosan?

Triclosan merupakan bahan kimia yang banyak ditemukan pada produk pasta gigi dan sabun.

Salah satu juru bicara Food And Drug Administration (FDA) pernah mengatakan bahwa zat ini telah digunakan pada 75% sabun anti bakteri cair yang saat ini beredar di pasaran.

Sabun Anti Bakter

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada hewan, maka zat tersebut telah terbukti mampu mempengaruhi kinerja dari hormon yang berada dalam tubuh mahluk hidup.

Hingga saat ini, FDA masih tetap menyelidiki bahaya dan efek negatif dari zat triclosan pada mahluk hidup, terutama pada tubuh manusia.

Tetapi, meskipun sudah terbukti zat tersebut mempengaruhi hormon mahluk hidup dan sudah dilarang penggunaanya, hingga kini masih tetap dibutuhkan lebih banyak penelitian dan data untuk dapat menyatakan bahwa zat triclosan tersebut berbahaya bagi tubuh manusia.

Meskipun hasilnya belum jelas 100 persen, pihak FDA sendiri telah mengeluarkan catatan yang menyebutkan bahwa produk yang terdapat kandungan triclosan didalamnya tidak lebih baik dibandingkan dengan sabun biasa.

Allison Aiello yang merupakan seorang profesor di bidang epidemiologi pernah mengatakan bahwa Triclosan tidaklah menjadikan virus yang mejadi penyebab penyakit serta infeksi seperti influenza sebagai targetnya, tetapi Zat tersebut juga tidak terlalu bermanfaat serta tidak lebih baik dibandingkan dengan sabun biasa.

Selain itu, triclosan yang terkandung pada produk anti bakteri justru dinilai dapat membuat bakteri yang biasanya menyerang tubuh menjadi kebal terhadap anti bakteri.

Ini tentu berbahaya mengingat bakteri tersebut memiliki efek negatif untuk tubuh. Triclosan juga dapat membuat polusi pada air.

Menurut perkiraan beberapa orang, karena cukup berbahaya maka penggunakan zat tersebut akan segera dicekal dalam beberapa tahun ke depan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga mulai memeriksa label yang terdapat pada sabun yang saat ini Anda gunakan.

Jika anda masih bingung maka lebih baik Anda memilih sabun biasa daripada harus memakai sabun yang memiliki kandungan triclosan di dalamnya.

Karena sebenarnya justru triclosan tidak memiliki cukup banyak kelebihan untuk membuat tubuh tetap sehat jika dibandingkan dengan sabun biasa.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!