Efek Samping Vitamin C Pada Tubuh

Vitamin C memang sangat baik bagi tubuh. Tentu anda sudah mengetahui hal ini. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari seringnya mengkonsumsi vitamin C.

Sebagian besar dokter dan spesialis perawatan kesehatan pun banyak yang menyarankan anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C karena vitamin tersebut dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan bugar dari sebelumnya.

Setidaknya, terdapat 8 reaksi enzimatik pada vitamin C yang berguna sebagai zat adiktif pada makanan dan juga mampu mencegah terjadinya oksidasi.

Selain itu, vitamin C juga mampu memelihara kesehatan rongga gigi dan kulit. Metabolisme tubuh juga bisa meningkat dengan mengkonsumsi vitamin C.

Meskipun kita sering mendengar berbagai macam manfaatnya, tetapi tahukah anda bahwa ada beberapa efek samping vitamin c yang berpengaruh pada kesehatan tubuh? Penasaran, simak informasi berikut.

tablet

Mual

Memang benar bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C, maka mual yang anda rasakan dapat berkurang. Tetapi jika anda terlalu banyak mengkonsumsinya, maka efek samping vitamin C justru akan memicu mual yang berlebih sehingga anda ingin muntah.

Diare

Efek samping vitamin C yang sering terjadi karena diakibatkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi vitamin ini adalah diare, yakni buang air besar yang berlebihan dan diiringi dengan air.

Pusing dan sakit kepala

Overdosis vitamin C dapat menyebabkan rasa pusing yang muncul secara tiba-tiba. Dalam kondisi yang terparah, efek samping vitamin C juga bisa menyebabkan anda pingsan.

Jika rasa pusing terjadi setiap hari dan tidak mereda maka hal itu dapat berkembang menjadi sakit kepala. Jika anda mulai merasakan hal ini, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Sakit pinggang

Ini merupakan salah satu efek samping yang mendasar karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin C. Rasa nyeri pada pinggang dan punggung bisa berawal dari rasa nyeri yang ringan sampai dengan nyeri yang berat.

Kencing Berdarah

Efek samping yang terberat ketika anda mengalami overdosis vitamin C adalah terjadinya pendarahan yang bercampur dengan urine.

Efek samping ini mula-mula diawali dengan rasa sakit pada perut yang berlasung terus menerus dan disertai dengan warna kemerahan pada urine ketika anda buang air kecil.

Selain itu, terdapat rasa pedih dan sakit ketika anda buang air kecil dan rasa sakit ini dapat terjadi secara berlarut-larut.

Itulah beberapa efek samping vitamin C yang dapat terjadi pada tubuh anda. Ada banyak suplement yang mengandung vitamin C yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tetapi usahakan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena kini anda sudah tahu hal apa saja yang akan terjadi pada tubuh anda jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

Ada baiknya, anda juga mengkonsumsi vitamin C yang terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan ketimbang harus mengkonsumsi suplemen secara berlebihan.

2 thoughts on “Efek Samping Vitamin C Pada Tubuh”

Leave a Comment

error: Content is protected !!